Halaman

Minggu, 13 Januari 2013

Siklon Tropis Narelle


Selamat Datang Tropical Cyclone Narelle di Selatan Pulau Jawa

Ini dia prospek pertumbuhan Siklon Tropis Narelle





Prospek pertumbuhan Siklon Tropis Narelle sudah berada 800-900 kilometer Selatan Bali, Samudra Hindia. Indonesia, terutama wilayah Sumatra bagian Selatan, Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) 


Narelle terbentuk sebagai siklon teropis di Selatan Samudra Hindia dengan memiliki kecepatan maksimum 150 kilometer per jam

Potensi pertumbuhan siklon tropis:
Bibit siklon tropis  terbentuk di laut arafura


Hal ini disebabkan karena adanya daerah pusat tekanan rendah di wilayah Selatan pulau Jawa sehingga dampak yang dirasakan adalah angin kencang dengan kecepatan mencapai 75 knot dan berpotensi terjadi di Sumatra bagian Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Baratdan Selatan, Sulawesi bagian Selatan juga tenggara.

Potensi pertumbuhan awan-awan penyebab hujan juga akan terus terjadi hal ini bisa juga menyebabkan cuaca ekstrim di wilayah Indonesia khususnya bagian Selatan, 


Potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis pada hari :
Senin (besok) : kemungkinan kecil 
Selasa (lusa) : kemungkinan sedang
Rabu (3 hari lagi) : kemungkinan sedang

Siklon Tropis Narelle memang bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Namun Siklon ini terus menguat dengan kecepatan angin mencapai 165 kilometer per jam. Oleh karena itu, dampaknya masih dirasakan di wilayah Tanah Air khususnya di bagian Selatan.


Catatan :
Yang dimaksud dengan :
Kemungkinan kecil adalah potensi tumbuh menjadi siklon tropis kurang dari 10%
Kemungkinan sedang adalah potensi tumbuh menjadi siklon tropis antara 20%-40%
Kemungkinan besar adalah potensi tumbuh menjadi siklon tropis lebih dari 50%

Yang dimaksud dengan wilayah Indonesia sebelah Selatan Katulistiwa meliputi wilayah yang dibatasi antara 0-11 LS dan 90-141 BT. (regards : Finy Alya Napitupulu)



Apa sih Siklon Tropis itu??

Definisi Siklon Tropis :
merupakan sistem badai besar yang ditandai dengan tekanan rendah dan banyak pusat badai yang menghasilkan angin kencang dan hujan lebat. 

Dampak Siklon Tropis :
Karena ukurannya yang sangat besar serta angin kencang dan gumpalan awan yang dimilikinya, siklon tropis menimbulkan dampak yang sangat besar pada tempat - tempat yang dilaluinya. Dampak ini bisa berupa angin kencang, hujan deras berjam jam bahkan berhari hari yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir, gelombang tinggi dan gelombang badai (storm surge) "ini ynag gue pelajari waktu gue kuliah dulu"

Siklon tropis dilaut dapat menyebabkan gelombang tinggi, hujan deras dan angin kencang sehingga dapat mengganggu pelayaran Internasional dan bisa berpotensi untuk menenggelamkan kapal.  Siklon Tropis dapat memutar air dan menimbulkan gelombang lau tyang tinggi. 

Siklon Tropis di daratan dapat merusak dan menghancurkan kendaraan, bangunan, jembatan dan benda-benda lain. Gelombang badai (storm surge) akibat dari siklon tropis adalah dampak  paling buruk jika mencapai daratan 

Perputaran Siklon tropis yang mencapai daratan dan vertical wind shear disekelilingnya akan menghasilkan tornado. Tornado dapat juga dihasilkan sebagai akibat dari vortisitas di dinding mata siklon yang tetap bertahan hingga mencapai daratan.

Contoh Siklon Tropis yang dampaknya langsung :
Ketika suatu wilayah di Indonesia mengalami dampak langsung keberadaan siklon tropis adalah ketika terjadi pertumbuhan siklon tropis Kirrily diatas Kepulauan Kai, Laut Banda pada 27 April 2009 silam 
Kirrily menyebabkan hujan lebat dan storm surge di wilayah ini. tercatat puluhan rumah yang rusak dan lainnya terendam akibat banjir. curah hujan yang dicatat adalah di Tual sebanyak 20mm, 92mm, dan 193mm masing-masing tanggal 27, 28, dan 29 April 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar